Workshop “Bagaimana Metode Ekstraksi yang Simpel Untuk Bahan Alam”

Workshop diadakan pada hari Sabtu tanggal 24 Januari dibuka oleh Direktur Akademi Farmasi Al-Fatah Giri Samudra,S.Farm.M.Sc.,Apt yang dihadiri oleh seluruh dosen di Akademi Farmasi Al-Fatah Bengkulu dengan pembicara Ibu Dr. Yosie Andriani, M.Si dari Universiti Malaysia Terengganu (UMT) di dampingi oleh Ibu Evi Maryanti, S.Si.,M.Si dengan tema “Metode Ekstraksi yang Simpel Untuk Bahan Alam”.  

Ibu Dr. Yosie Andriani, M.Si merupakan lulusan Doktor S3 di Malaysia dan mengajar di Universiti Malaysia Terengganu (UMT).

Ibu Yosi kembali mengunjungi Indonesia untuk berbagi ilmu dan pengetahuan. Pada workshop ini Bu Yosie berbagi ilmu mengenai fitokimia dan farmakognosi khususnya bagaimana metode ekstraksi yang simpel pada bahan alam, metode ekstraksi tersebut meliputi Solvent Partitioning ExtractionSuccessive Extractiondan metode ekstraksi yang lebih simpel yaitu dengan mengkombinasikan metode Successive Extraction dengan kromatografi kolom. Perbedaan metode kombinasi ini dengan metode Successive Extraction yaitu pada metode kombinasi ini menggunakan kolom kromatografi dengan silica gel  dan menggunakan ekstrak kasar methanol.

Dengan diadakannya workshop ini diharapkan kedepannya dosen dan mahasiswa di Akademi Farmasi dapat menerapkan metode ekstraksi ini dalam melakukan penelitian bahan alam. Sehingga dapat meningkatkan kreatifitas  dosen dan mahasiswa untuk terus menggali potensi bahan alam di indonesia dan menambah ilmu pengetahuan khususnya pada bidang fitokimia dan farmakognosi.

 

Beberapa Foto Pada Saat Acara Berlangsung :

Ibu Dr. Yosie Andriani, M.Si Sebagai Pembicara Workshop

Pemberian Cindramata oleh Direktur Akademi Farmasi Al-Fatah Bengkulu

 Foto Bersama Dengan Peserta Workshop Akademi Farmasi Al-Fatah Bengkulu